5 Strategi Sukses Lakukan Usaha Waralaba untuk Pemula

Usaha waralaba atau yang kerap disebutkan dengan franchise sebagai salah satunya usaha yang paling menarik. Pikirkan saja, Anda tak perlu kerja keras pikirkan ide usahanya, mempersiapkan beberapa alat yang diperlukan, bahan baku, dan penyuplai bahan baku. Semua sudah disiapkan langsung oleh pemilik merek tersebut, jadi pekerjaan Anda cuman mengurus saja.

Di lain sisi, reputasi dari usaha waralaba juga bagus di mata warga. Baik dari cita-rasa, servis, dan harga yang cocok di kantong.

Tertarik buka usaha waralaba? Supaya usahanya berjalan mulus, aplikasikan beberapa kiat sukses lakukan usaha waralaba di bawah ini.

  1. Tentukan tipe usaha waralaba

usaha waralaba

Usaha waralaba bergerak nyaris di semua sektor. Ada makanan, minuman, sampai ritel. Anda sendiri juga dekat dengan bermacam tipe waralaba yang berada di Indonesia, seperti McDonald, Kopi Masa lalu, KFC, Zara, dan ada banyak kembali.

Antara beberapa macam usaha waralaba dan mereknya, pilih salah satunya yang menurut Anda paling disukai di zaman sekarang ini. Untuk makanan, misalkan, Anda dapat tentukan McDonald yang sudah tentu tidak pernah sepi konsumen. Sedang untuk ritel, Anda dapat pilih merek mode H&M atau Zara.

Yakinkan Anda kuasai sektor waralaba yang ingin digerakkan supaya pengendaliannya jadi optimal. Tingkat keuntungannya memberikan kepuasan.

Baca : Niat Membuka Usaha di Saat Krisis? Usaha Franchise Jawabnya

  1. Tetapkan posisi buka usaha

posisi buka usaha

Bahan baku, beberapa alat, sampai SOP usaha waralaba kemungkinan telah disiapkan langsung oleh pemilik. Tetapi, untuk posisi Anda harus mencari sendiri di mana kurang lebih ingin memulai usaha waralaba. Apa dalam mall, posisi perkantoran, atau dekat sama supermarket.

Posisi ini penting untuk jadi perhatian karena akan punya pengaruh di tingkat pemasaran. Bila posisi susah dicapai, dapat ditegaskan cuman bakal ada beberapa konsumen saja yang singgah. Itu yang tempat lokasi tinggalnya tidak jauh dari posisi usaha waralaba ada.

Akan lebih bagus buka usaha waralaba di posisi vital, yang dekat sama perkantoran atau dalam suatu mall. Harga kontraknya memang mahal, tetapi imbang dalam jumlah keuntungan yang dapat didapat. Apa lagi jika rekam jejak pewaralaba bagus di mata customer.

  1. Tentukan waralaba yang bukan hanya hanya trend saja

franchise

Mengambil misalnya makanan, sekarang ini yang sedang trend ialah es kopi susu dan boba. Untuk sekarang ini, pecinta dari 2 tipe minuman ini banyak. Bahkan juga sebagian orang ikhlas mengantre untuk memperoleh satu gelas es kopi susu atau boba.
Julo x Perhatikan

Tetapi, lihat bagaimana usaha itu dalam dua atau 3 tahun kedepan. Apa ke-2 tipe minuman ini bisa bertahan atau akan ditinggal oleh warga? Anda harus dapat menyaksikan kekuatannya di periode kedepan, jadi usaha waralaba dapat bertahan semakin lama.

Bila memanglah tidak percaya, berpindahlah ke produk waralaba makanan yang lain dapat tahan lama. Sebutlah saja burger, kopi, mie goreng, atau nasi goreng yang telah disukai dari dahulu. Anda dapat mencari waralaba yang sediakan menu semacam ini, lalu tergabung ke dalamnya.

  1. Yakinkan bujet memenuhi

bujet usaha waralaba

Makin terkenal nama sang pewaralaba, umumnya akan makin mahal ongkos kerja sama yang penting dibayar tiap tahun. Bandingkan saja di antara McDonald dan CFC, terang bujet waralaba McDonald tambah mahal karena pewaralabanya sendiri telah bertaraf internasional. Bahan baku, beberapa alat, dan harga untuk menggunakan mereknya saja telah mahal.

Oleh karena itu, samakan dengan bujet yang dipunyai saja. Bila Anda siap keluarkan uang sebesar beberapa ratus juta atau milyaran untuk buka usaha waralaba, silakan tentukan yang telah mempunyai nama dan bertaraf internasional.

Satu yang jelas, janganlah sampai berhutang. Karena, keuntungan dari usaha waralaba nanti akan dipisah dengan sang pewaralaba. Ini otomatis akan kurangi tingkat keuntungan, dan akan memengaruhi kekuatan Anda untuk bayar angsuran hutang ke kreditur.

  1. Dapat dimakan oleh beberapa kelompok

usaha kopi

Panduan paling akhir yang tidak kalah penting ialah pilih pewaralaba yang sediakan produk yang dapat dimakan oleh beberapa kelompok. Salah satu yang memungkinkannya ialah waralaba makanan, yang dapat dimakan oleh beberapa anak, orang dewasa, dan orangtua.

Bila produknya terlampau terbatas atau hanya diperuntukkan untuk kelompok tertentu saja, karena itu ini akan kurangi kesempatan untuk tingkatkan pemasaran. Karena, lingkup customernya benar-benar sempit.

Mengambil misalnya minuman boba. Minuman ini cuman disukai oleh kalangan muda saja yang menyenangi minuman manis. Tetapi, bukan untuk orangtua yang perlu lebih jaga keadaan kesehatan badannya.
Lakukan Usaha dengan Sungguh-Sungguh

Apa saja tipe usahanya, terhitung waralaba, seharusnya harus digerakkan dengan benar-benar supaya datangkan keuntungan optimal. Bila tidak digerakkan dengan benar-benar, karena itu kekuatan bangkrutnya besar sekali. Pikirkan ini apa lagi modal untuk buka usahanya mahal.

Next post Punyai Uang Rp 2 Juta Kamu Dapat Mulai Usaha Es Kopi Susu Modern