Punyai Uang Rp 2 Juta Kamu Dapat Mulai Usaha Es Kopi Susu Modern

Tidak perlu modal besar untuk mengawali usaha es kopi susu modern. Bermodal maksmimal Rp dua juta, kamu telah mulai bisa usaha es kopi susu skala kecil.

Pecintanya yang banyak dan harga yang tidak terlampau mahal, membuat usaha es kopi susu tumbuh subur di mana saja. Memercayakan racikan simpel yang menyatukan kopi, susu dan gula aren, minuman yang ini populeritasnya semakin melesat.
Untuk yang berminat untuk mengawali usaha es kopi susu skala kecil, tidak perlu cemas karena usaha ini dapat diawali dengan bujet minimalis. Tidak perlu alat-lat hebat dan beberapa bahan yang mahal harga.

Ronald Prasanto sebagai pakar kopi sekalian co-founder roastery Kopi Pak Wawan, mengatakan jika usaha kopi susu ini dapat diawali tanpa mesin kopi yang hebat.

“Modal di bawah Rp dua juta telah mulai bisa usaha es kopi susu skala kecil. Tidak selamanya harus gunakan mesin. Untuk saya yang terpenting itu ialah adalah grinder, kopinya dapat dibikin dengan sistem Cold Brew . Maka perlu saringan dan penampung. Sama tentu saja beberapa bahan baku seperti biji kopi, gula aren dan susu full krim,” terang Ronald.
Grinder sendiri sebagai alat penggiling biji kopi yang dapat melembutkan biji kopi dengan tingkat kelembutan sama sesuai keperluan. Grinder ada yang manual dan ada pula yang elektrik. Harga lumayan murah, sekitaran Rp 100.000 untuk yang manual. Sementara grinder listrik rangenya diawali dari harga Rp 250.000.

Lalu alat penyaring kopi atau coffee filter harga variasi diawali dari angka Rp 50.000 saja. Ditambah lagi Coffee Server atau alat penampung kopi yang range harga Rp 80.000. Semua ada dan dapat diperoleh lewat online shop dengan bermacam opsi harga.

Untuk biji kopinya, umumnya es kopi susu memakai tipe kopi robusta yang harga lebih dapat dijangkau dibanding arabika. Satu kg biji kopi robusta range harga Rp 150.000 sampai Rp 160.000.
Modal Usaha Es Kopi Susu

“Untuk satu gelas es kopi susu saya umumnya memakai sekitaran 17 gr bubuk kopi . Maka tinggal dipisah saja, satu kg itu dapat memperoleh sekitaran 58 cup kopi,”

Beberapa bahan pendamping lain seperti gula aren dan susu UHT range harga sama dapat dijangkau. 1 kg gula aren cair siap gunakan range harga sekitaran Rp 50.000, sementara range susu UHT full krim per liternya sekitaran Rp 15.000.
Tersisa modal yang ada dapat dipakai untuk beli perlengkapan yang lain diperlukan seperti cup plastik dan tutupnya rangenya Rp 500 per buah, sedotan, es batu, meja kecil untuk jualan, spanduk, dan ada banyak kembali.

“Jadi di bawah Rp dua juta juga bisa mengawali usaha kopi susu skala kecil, yang paling penting punyai grinder, tempat penampungan dan saringan saja,” tandas Ronald.

Previous post 5 Strategi Sukses Lakukan Usaha Waralaba untuk Pemula
Next post 5 Tips Bisnis Forex Tanpa Modal